Cari Blog Ini

Kamis, 10 Desember 2009

SEJARAH PUBLIC RELATIONS

Perkembangan Public Relations di Dunia

Dalam sejarahnya istilah Public Relations sebagai sebuah teknik menguat dengan adanya aktivitas yang dilakukan oleh pelopor Ivy Ledbetter Lee yang tahun 1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di Amerika Serikat dengan sukes. Atas upayanya ini ia diangkat menjadi The Father of Public Relations.

Perkembangan PR sebenarnya bisa dikaitkan dengan keberadaan manusia. Unsur-unsur memberi informasi kepada masyarakat, membujuk masyarakat, dan mengintegrasikan masyarakat, adalah landasan bagi masyarakat.

Tujuan, teknik, alat dan standar etika berubah-ubah sesuai dengan berlalunya waktu. Misalnya pada masa suku primitif mereka menggunakan kekuatan, intimidasi atau persuasi ntuk memelihara pengawasan terhadap pengikutnya. Atau menggunakan hal-hal yang bersifat magis, totem (benda-benda keramat), taboo (hal-hal bersifat tabu), dan kekuatan supranatural.

Penemuan tulisan akan membuat metode persuasi berubah. Opini publik mulai berperan. Ketika era Mesir Kuno, ulama merupakan pembentuk opini dan pengguna persuasi. Pada saat Yunani kuno mulai dikembangkan Olympiade untuk bertukar pendapat dan meningkatkan hubungan dengan rakyat. Evaluasi mengenai pendapat atau opini publik merupakan perkembangan terakhir dalam sejarah kemanusiaan.

Dasar-dasar fungsi humas ditemukan dalam revolusi Amerika. Ketika ada gerakan yang direncanakan dan dilaksanakan. Pada dasarnya, masing-masing periode perkembangan memiliki perbedaaan dalam startegi mempengaruhi publik, menciptakan opini publik demi perkembangan organisasinya.

Namun pada dasaranya PR itu pada kegiatannya lebih mengutamakan kepada mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi semua kegiatan dari sebuah organisasi untuk terciptanya hubungan baik dengan publiknya, agar terciptanya sebuah hubungan yang positif diantara keduanya.

Let's Learn Public Relations: PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

Let's Learn Public Relations: PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

Public Relations, apa itu Public Relations??

Public Relation menurut Betrand R. Canfield adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan aturan seseorang atau organisasi demi kepentingan publik dan melaksnakan sesuatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian dan penerimaan publik.

Public Relations menurut Otin Baskin adalah fungsi manajemen yang membantu meraih tujuan organisasi, merumuskan filosofi dan memperantarai perubahan organisasi. Praktisi PR berkomunikasi dengan seluruh publik internal dan eksternal yang terkait untuk membangun hubungan positrif dan untuk menciptakan konsistensi antara tujuan organisasi dan harapan masyarakat. Praktisi PR mengembangkan, melaksnakan dan mengevaluasi program organisasi dengan mendorong pertukaran pengaruh dan pengertian antara bagian-bagian pokok dan publik organisasi.

Dengan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa Public Relations adalah sebuah kegiatan yang berkaitan erat dengan publik dengan cara membangun hubungan positif dengan cara mengembangkan, melaksanakan, dan mengevaluasi semua kegiatan organisasi.